Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Fasilitas Pengawasan Pada Tahapan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024

Tanjungbalai - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungbalai menggelar Rapat Fasilitas Pengawasan Pada Tahapan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 bertempat di Resto Raja Bahagia, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan rapat ini dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kota Tanjungbalai Irwanasti, SE dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Tanjungbalai Indah Sari Lubis, SE.,MM serta hadir Panwaslu Kecamatan, sedangkan sebagai Narasumber dihadiri oleh Anggota KPU Kota Tanjungbalai Muhammad Guntur Sitorus.

Anggota Bawaslu Kota Tanjungbalai Irwanasti menyampaikan kepada Panwaslu Kecamatan terkait tentang penataan dapil dan alokasi kursi DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 khususnya penataan dapil di wilayah Kecamatan.

"Adapun kegiatan rapat tersebut untuk membahas tata cara pengisian Form. A tentang laporan hasil pengawasan pemilu terkait verifikasi faktual keanggotaan partai politik masa perbaikan", Ucapnya.

Maka dimintakan kepada Panwaslu Kecamatan yang sudah melakukan pengawasan verifikasi faktual agar dapat menuangkan kedalam lhpp sesuai hasil pengawasan dilapangan tersebut.

Selanjutnya narasumber dari KPU Kota Tanjungbalai Muhammad Guntur Sitorus menjelaskan kepada Panwaslu Kecamatan yang hadir pada kegiatan rapat hari ini, bahwa dalam penataan dapil itu yang paling urgen yaitu "adanya perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan alokasi kursi dalam satu daerah pemilihan melebihi batas maksimal dan atau kurang dari batas minimal yang ditentukan oleh undang-undang, adanya penukaran wilayah atau bencana alam, serta adanya dapil pada pemilu sebelumnya bertentangan dengan prinsip-prinsip penataan dapil lainnya ketika tidak sesuai", jelasnya.

Di akhir kegiatan, Bawaslu Kota Tanjungabalai melakukan poto bersama dengan Panwaslu Kecamatan.

Tag
Berita